Google
 

Rabu, 26 Maret 2008

PERANAN MONUMEN YOGYA KEMBALI SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR DALAM RANGKA PEWARISAN NILAI-NILAI LUHUR PERJUANGAN BANGSA

Monumen Yogya Kembali sebagai salah satu sumber belajar dalam rangka pewarisan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, terutama yang berkaitan dengan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus. Dengan adanya monumen perjuangan bisa meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa pahlawannya serta berorientasi masa depan. Peristiwa “Yogya Kembali” sebagai titik awal bangsa Indonesia secara nyata bebas dari kekuasaan penjajahan Belanda perjuangan tersebut tidak melalui jalan yang mudah tetapi dengan berbagai cara baik bersenjata, diplomasi maupun perang urat saraf. Merupakan ungkapan penghargaan dan rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwanya dalam merebut kembali Yogyakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia.
Penulis ingin mengetahui mengenai sejarah perjuangan para tokoh-tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dalam usaha pewarisan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa. Penulis sangat menghargai atas semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam usahanya melepaskan diri dari cengkraman penjajah dan berkeinginan untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Unduh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plis, Tinggalkan Komentar