Google
 

Senin, 17 Maret 2008

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN FISIK TEMPAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SMA NEGERI I SEYEGAN TAHUN AJARAN 2004/2005

Salah satu indikator untuk melihat kualitas pendidikan diantaranya dengan melihat prestasi belajar siswa. Realisasinya adalah peningkatan prestasi belajar, baik di tingkat dasar, sekolah menengah, maupun di sekolah tingkat atas. Masalah prestasi belajar memang merupakan masalah yang luas, banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor itu dapat berasal dari anak itu sendiri (internal) misalnya bagaimana intelegensinya, minat, bakat, dan sebagainya; maupun yang berasal dari luar diri anak (eksternal) yaitu faktor yang berasal dari keluarga, lingkungan fisik tempat belajar baik di sekolah maupun di masyarakat.
Diantara sekian banyak faktor tersebut, orang tua dalam banyak hal menempati peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Orang tua sangat dibutuhkan dalam rangka menumbuhkan watak dan sikap anak. Perhatian orang tua merupakan suatu faktor penting yang mempengaruhi aktivitas belajar anaknya. Orang tua yang mempunyai perhatian cukup baik terhadap aktivitas belajar seperti penyediaan fasilitas belajar serta pemberian bantuan ketika anak mengalami kesulitan didalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas akan berpengaruh terhadap prestasi belajar anaknya. Sebaliknya, orang tua yang sama sekali tidak memperhatikan aktivitas belajar anaknya dapat menyebabkan anak menjadi kurang bersemangat dalam belajar akibatnya prestasi belajar yang dicapai akan kurang menggembirakan.Unduh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plis, Tinggalkan Komentar