Google
 

Jumat, 16 April 2010

Gelang dari Sedotan


Bahan-bahan:
Sedotan plastik berwarna cerah
Benang atau kawat pembersih pipa
Gunting
Perekat

Aktivitas yang dikerjakan
  1. Potong sedotan sepanjang 1 cm hingga 2 cm, lalu potong benang atau kawat pembersih pipa sepanjang 20 cm. (Jika Anda menggunakan benang, lilitkan perekat pada salah satu ujungnya untuk memudahkan anak-anak saat memasukkan benang ke dalam sedotan.)
  2. Jika Anda menggunakan benang, rekatkan ujung lainnya pada meja untuk mencegah batang sedotan jatuh dari benang. Jika menggunakan kawat pembersih pipa, gulung salah satu ujungnya ke belakang untuk mencegah batang sedotan jatuh dari kawat.
  3. Tunjukkan kepada anak-anak cara merangkai batang sedotan pada benang atau kawat. Setelah benang atau pembersih pipa hampir penuh, bantu anak-anak mengikatkan atau memelintir kedua ujungnya hingga membentuk lingkaran.
  4. Jika ingin, tempelkan perekat yang bertuliskan nama anak pada salah satu batang sedotan pada gelang.


Aktivitas lain yang bisa dikerjakan
Untuk tema hasi-hari besar, gunakan sedotan yang warnanya melambangkan hari besar tersebut. Misalnya warna oranye dan hitam untuk Halloween, merah dan hijau untuk Natal, dan sebagainya.
Matematika: Jika anak-anak sedang belajar mengenal pola sederhana, berikan sedotan dalam dua warna yang berbeda dan ajak mereka untuk merangkai sedotan pada benang pola ABAB. Misalnya, merah, biru, merah, biru dan sebagainya.

Dikirimkan oleh Sandra Nagel, White Lake, Ml
(Sumber: Aktivitas Pintar untuk Prasekolah, Erlangga For Kid, Jakarta, 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plis, Tinggalkan Komentar